Pages

Ads 468x60px

Update templates

Sabtu, 24 November 2012

Constructor di Java

        Pada postingan kali ini, kita akan belajar tentang dasar-dasar bahasa pemrograman java.Materi kali ini tidaklah susah, tetapi bukan berarti disepelekan. Karena pada saat kita membuat sebuah object dari class, method inilah yang akan di panggil pertama kali. Terus apa donk??? 
        Pada materi ini kita akan belajar tentang constructor. Constructor adalah method dimana seluruh inisialisasi object ditempatkan. Untuk mendeklarasikan sebuah constructor ada beberapa  yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan constructor:

  • constructor harus bernama sama dengan nama class (karena java bersifat case sensitive maka nama harus sama dalam huruf kecil dan kapital).
  • constructor tidak menspesifikasikan tipe (access modifier ) yang dikirim karena dapat dipastikan tipe yang dikirim bertipe class itu.
  • construktor tidak memiliki return value (pengembalian nilai).
  • construktor tidak dapat dipanggil secara langsung, namun harus dipanggil dengan menggunakan operator new pada pembentukan sebuah object.
Rumus untuk mendeklarasikan constructor:

<access  modifier> <className> (<parameter>*){
        <statement>*
}

Contoh pada programa:

public class Siswa {
    private String Nama,Kelas;    

    public Siswa(String nama,String kelas) {
        Nama=nama;
        Kelas=kelas;
    }
    public String getNama() {
        return Nama;
    }
    public String getKelas() {
        return Kelas;
    }
    public static void main(String[] args) {
        Siswa s = new Siswa("Arif Kurniawan","A11");
        System.out.println("Nama  :"+s.getNama());
        System.out.println("Kelas :"+s.getKelas());
    }
}


       Pada contoh di atas, script yang saya beri warna merah itulah yang disebut constructor dengan parameter. Constructor bisa juga dideklarasiskan tanpa parameter. Dan tambahan jika pada sebuah class kita tidak membuat satupun contructor, secara default constructor akan dibentuk sendiri.
 

Partner

Site Info

Tentang situs

Belajar Logika, coding, script program, materi kuliah informatika, tips, trik, contoh program, download program gratis, script program gratis. Dapatkan semua infonya hanya di Logika Kode (www.logikakode.com)