Pages

Ads 468x60px

Update templates

Selasa, 13 November 2012

Belajar Logika dan Algoritma Serta Manfaatnya

logika, algoritma, programmer,bahasa pemrograman                 Kali ini saya akan share materi dasar yang di pelajari seorang Mahasiswa Teknik Informatika untuk pondasi belajar bahasa pemrograman lebih lanjut. Materi ini di setiap kampus nama mata kuliahnya berbeda-beda. Kalau di kampus saya materi ini di sebut Logika dan Algoritma.
                   Apa sih pengertian Logika dan Algoritma??? Logika merupakan ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku. Dengan belajar logika, kita akan di ajarkan cara berfikir yang benar dalam artian dapat di nalar sebagai contoh misal 10 + 2 = 12, semua kuda adalah mamalia. Sedangkan Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematik. Contoh Algoritma misal membuat kopi, membuat mie rebus dan lain-lain.

           Setelah tahu apa pengertian logika dan algoritma, selanjutnya kita akan membahas tentang  manfaat belajar logika dan algoritma. Belajar logika dan algoritma sangatlah penting bagi seorang mahasiswa Teknik Informatika atau seorang calon programmer.

Berikut ini manfaat belajar logika:
  • membuat seseorang mampu berfikir benar.
  • Mempertajam daya fikir (dengan cara melakukan latihan, meganalisis / mengungkapkan permasalahan).
  • Membuat seseorang mampu meletakkan sesuatu pada tempatnya dan mengerjakan sesuatu pada waktunya.
Sedangkan manfaat belajar algoritma yaitu :
  • Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun
  • Notasi algoritma dapat diterjemahkan pada bahasa pemrograman manapun.
  • Dan masih banyak manfaat lainnya.

             Banyak sekali mahasiswa ataupun orang umum di luar sana yang bisa membuat program, tapi jarang diantara mereka yang paham tentang logika dan algoritma. Dengan belajar logika dan algoritma akan mempermudah kita dalam belajar bahasa pemrograman dan program yang di hasilkan akan lebih bermutu daripada program yang dibuat tanpa paham logika dan algoritma.
            Cukup sampai disini penjelasan tentang logika dan algoritma, pada postingan yang akan datang saya akan membahas “Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Algoritma dan  ciri-ciri algoritma yang baik". Tunggu postingan selanjutnya di www.logikakode.com

 

Partner

Site Info

Tentang situs

Belajar Logika, coding, script program, materi kuliah informatika, tips, trik, contoh program, download program gratis, script program gratis. Dapatkan semua infonya hanya di Logika Kode (www.logikakode.com)