Pages

Ads 468x60px

Update templates

Rabu, 28 November 2012

Struktur Program C++


struktur program c++,struktur program c++,penjelasan struktur program c++,struktur bahasa program c++,struktur program borland c++,contoh program c++ struktur data,contoh program struktur c++,struktur dasar program c++,struktur dalam program c++,struktur program c dan c,struktur program dalam bahasa c      Dasar  untuk belajar suatu bahasa pemrograman salah satunya yaitu mengetahui struktur penulisan bahasa pemrograman tersebut.  
    Struktur dapat diibaratkan format penulisan seperti halnya kita menulis makalah,puisi ataupun surat lamaran. Dengan mengetahui struktur bahasa pemrograman maka akan mempermudah dalam membuat suatu program atau aplikasi tertentu. Struktur program C++ di semua compiler bahasa pemrograman C++ pada dasarnya sama, hanya saja ada perbedaan sedikit diantara beberapa compiler.  Tapi pada pembahasan kali ini, kita akan membahas struktur program C++ menggunakan compiler Borland C++ versi 5.02. Kita akan langsung terapkan pada contoh:


//program C++ pertama

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

main(){
                cout<<"Hello World !!!!!";
                getch();
}

Output:
                Hello World !!!!!

Penjelasan script program di atas:
  •  //program C++ pertama
Baris ini merupakan komentar yang menjelaskan program. Komentar dalam bahasa pemrograman C++ tidak mutlak wajib. Komentar dalam bahasa pemrograman C++ berfungsi untuk menjelaskan tentang program,scrip,dll pada program yang membantu programmer menganalisa suatu script program. Komentar dalam bahasa pemrograman C++ di tandai dengan tanda // atau /* ......*/.  Apabila ada kata-kata atau kalimat yang berada di tanda tersebut maka tidak akan berpengaruh pada program karena tidak dibaca oleh compiler.

  • #include <iostream.h>
  • #include <conio.h>
#include merupakan Preprocessor Directive yang berfungsi untuk memberitahu kepada compiler bahwa program yang kita buat menggunakan file-file yang didaftarkan/ fungsi-fungsi yang berada pada  file header. File Header sendiri merupakan file dengan ekstensi h(.h), contoh iostream.h, conio.h .  Tanpa Preprocessor Directive dan file header program tidak akan jalan, dan cout<<,getch() tidak akan berfungsi.

  • Main()
fungsi yang menjadi inti dari program dan merupakan awal dan akhir eksekusi. Fungsi ini harus ada dalam setiap program.
Tanda kurawal buka { merupakan tanda awal fungsi main dan tanda kurawal tutup } merupakan tanda berakhirnya fungsi main.

  • cout<<"Hello World !!!!!";
cout <<  Merupakan perintah yang biasa dipakai untuk menampilkan suatu keluaran pada layar. Untuk menggunakan perintah ini kita harus mengetikkan file header iostream.h .
  • getch();
merupakan perintah untuk menahan layar, supaya program yang dijalankan tertahan dan dapat dilihat oleh user, program akan keluar jika user menekan tombol ENTER pada keyboard. Untuk menggunakan perintah ini kita harus mengetikkan file header conio.h .
 

Partner

Site Info

Tentang situs

Belajar Logika, coding, script program, materi kuliah informatika, tips, trik, contoh program, download program gratis, script program gratis. Dapatkan semua infonya hanya di Logika Kode (www.logikakode.com)